kalo udah baca silahkan kasih komentar...Bebas asal tidak SARA.Thanks. Buat sementara bakal diposting 1 minggu sekali...
Setiap RE-POST akan ditampilkan sumber aslinya,,jadi mohon bagi yang repost tulisan saya juga menampilkan sumber ini...JANGAN MEMBAJAK!!!
(jika anda ingin me-repost. harap memberi komen. lalu saya akan mengirimnya melalui email anda.hatur nuhun)

Definisi Administrasi Negara


Pertama kali mendengar istilah “administrasi negara”, banyak orang dibuat bingung oleh peristilahan tersebut. Bahkan tidak sedikit mahasiswa atau orangtua mahasiswa yang pada awalnya merasa salah masuk ke jurusan ini. Ada yang menganggap administrasi negara adalah ilmu yang mempelajari urusan-urusan ke-Tata Usaha-an dari negara, ilmu yang berkaitan dengan hukum (pengadilan, hakim, dst.), atau bahkan ilmu tentang perpajakan. Pemikiran-pemikiran demikian tentu saja tidak dapat dikatakan salah, meskipun sesungguhnya ruang lingkup administrasi negara sangatlah luas dan amatlah sulit untuk menentukan posisinya bila dibatasi dalam lingkup yang lebih kecil.
Sebagai peristilahan yang disusun dari dua kata, “ADMINISTRASI” dan “NEGARA”, secara mudah, administrasi negara dapat diartikan sebagai “administrasi terhadap urusan-urusan negara”, namun tentu ungkapan demikian hanya digunakan untuk mempermudah pengertian tentang administrasi negara.
Untuk memahami administrasi negara dalam kaidah ilmiah, kita perlu merujuk pada berbagai analisis terhadap pengertian mengenai administrasi negara dari para ahli.
·      James W. Fesler mengemukakan bahwa administrasi negara ialah proses administrasi terhadap urusan-urusan pemerintahan.
·      Chandler dan Plano mengemukakan bahwa administrasi negara (public administration) ialah: “The process by which public resources and personnel are organized and coordinated to formulate, implement, and manage public policy decision”.
·      Dimock dan Dimock mengemukakan bahwa administrasi negara merupakan bagian dari administrasi umum yang mempunyai lapangan yang lebih luas, yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana lembaga-lembaga disusun, digerakkan, dan dikemudikan. Lebih lanjut disebutkan pula bahwa administrasi negara adalah ilmu yang mempelajari apa yang dikehendaki rakyat melalui pemerintah dan cara mereka memperolehnya.
·      Waldo mendefinisikan administrasi negara sebagai organisasi dan manajemen manusia dalam pemerintahan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
·      Pffiner dan Presthus mendefinisikan administrasi negara sebagai berikut: “in sum, public administration is a process concerned with carrying out public policies, and compassing innumerable skills and techniques which give order and purpose to the efforts to large number of people
Selain berbagai definisi diatas, tentu masih banyak definisi yang dikemukakan oleh para ahli. Berbagai definisi tersebut, dalam perkembangannya turut menentukan wajah dari administrasi negara, baik sebagai ilmu maupun praktek.

0 komentar: