kalo udah baca silahkan kasih komentar...Bebas asal tidak SARA.Thanks. Buat sementara bakal diposting 1 minggu sekali...
Setiap RE-POST akan ditampilkan sumber aslinya,,jadi mohon bagi yang repost tulisan saya juga menampilkan sumber ini...JANGAN MEMBAJAK!!!
(jika anda ingin me-repost. harap memberi komen. lalu saya akan mengirimnya melalui email anda.hatur nuhun)

Filsafat Manajemen

Dalam perkembangan kehidupan masyarakat, muncul entitas-entitas dalam masyarakat yang terbentuk atas dasar kesamaan tujuan dalam kehidupan bermasyarakat. Bersamaan dengan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks, maka diperlukan sebuah kajian terhadap bagaimana sumber-sumber daya dapat dikelola dengan sebaik mungkin agar dapat membawa manfaat yang sebesar-besarnya bagi kehidupan masyarakat, setidaknya bagi ketercapaian tujuan dari orang-orang yang ada dalam entitas tersebut. Dimana pada akhirnya, melalui pengelolaan yang tepat suatu entitas sosial akan dapat survive dalam persaingan dengan entitas yang sama/sejenis.


Dari pemahaman itu, maka dapat kita ketahui bahwa aspek kajian ontologis dari manajemen ialah bagaimana suatu entitas dapat dikelola secara efektif dan efisien dalam penggunaan sumber daya yang dimiliki dalam pencapaian tujuan, serta bagaimana entitas memiliki daya saing komparatif maupun kompetitif agar dapat bertahan. Adapun kajian manajemen dalam bidang keilmuan tidak hanya dibangun berdasarkan pemikiran semata, tetapi juga didasarkan atas dasar empirisme, yakni melihat perkembangan dan kesesuaian dengan lingkungan yang ada.

Secara epistimologis, manajemen dituangkan dalam berbagai landasan/prinsip yang telah dituangkan oleh para ahli mengenai serangkaian langkah-langkah yang sistematis dalam pengelolaan suatu entitas dalam pencapaian tujuannya secara efektif dan efisien. Hal-hal tersebut kita kenal dengan prinsip-prinsip manajemen, yakni: Planning, Organizing, Actuating, Controlling, Directing, Evaluating, dan lain-lain.
Adapun pada kajian aksiologis, aspek-aspek manajerial seperti yang telah disebutkan pada kajian sebelumnya perlu dipahami oleh setiap orang yang berada dalam entitas, terutama para pengambil keputusan, karena tanggung jawab etika dan moral dari kajian manajemen berada di pundak para pelaku yang ada dalam entitas masing-masing. Sehingga apa yang menjadi tujuan utama dari proses manajerial dapat tercapai.

0 komentar: